Friday, July 24, 2015

Cara Memulai Bisnis UKM

Bagi seorang pemula, memulai sebuah bisnis UKM adalah sebuah langkah yang berat. Hal ini karena minimnya pengalaman dan pengetahuan. Biasanya para pemula ini hanya mengandalkan modal semangat yang besar. Tapi mereka melupakan hal-hal kecil yang justru akan menjadi penyebab kegagalan dikemudian hari. Kali ini saya akan mengajak anda yang ingin memulai usaha UKM untuk mendiskusikan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis ini.


Cara Memulai Bisnis UKM

Pertama yang anda butuhkan adalah ide bisnis. Ini sangat penting mengingat sukses tidaknya bisnis UKM anda ditentukan oleh ide. Banyak pakar bisnis yang menyarankan, mulailah bisnis anda dari hobi anda. Alasannya cukup sederhana, supaya anda lebih cepat menguasai bidang tersebut. Karena hobi itu bermula dari kegemaran anda akan suatu hal, maka anda tidak akan merasa jenuh dengan usaha anda. Bahkan anda akan menikmatinya sebagaimana anda menikmati hobi anda.

Setelah anda memiliki sebuah ide dan langsung diaplikasikan menjadi sebuah bisnis, selanjutnya anda harus menjaga kualitas produk atau jasa anda. Tujuannya supaya bisnis UKM anda mendapat kepercayaan dari orang lain. Hal ini penting untuk menciptakan pelanggan yang setia.

Lalu selanjutnya adalah membangun relasi bisnis anda. Relasi yang saya maksud adalah anda punya mitra yang akan menyuplai kebutuhan bisnis UKM anda, serta anda juga mempunyai mitra yang akan membantu mendatangkan konsumen. Hubungan ini akan menjadi simbiosis mutualisme yang akan saling menguntungkan.

Langkah terakhir adalah membangun branding bisnis UKM anda. Ini adalah identitas usaha anda yang akan selalu diingat oleh mitra dan konsumen anda. Pilihlah nama yang mudah diingat untuk produk dan jasa anda. Membangun branding tidak bisa dilakukan secara instan, akan tetapi manfaatnya akan terasa untuk jangka panjang.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis UKM bagi pemula. Semoga bermanfaat dan segera action saat ini juga.

No comments:

Post a Comment