Wednesday, July 1, 2015

Adakah Bisnis UKM yang Menjanjikan Cepat Sukses?

Sebuah pertanyaan yang membuat saya merasa geli, adakah bisnis UKM yang menjanjikan cepat sukses? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang menantang untuk dipecahkan. Mengingat kata "cepat" itu tidak ada ukuran pasti. Setiap orang punya persepsi sendiri soal ukuran waktu cepat. Mungkin ada yang berpikiran bahwa cepat itu dalam hitungan menit, jam, hari, minggu, bulan bahkan tahun. Kali ini saya hanya menganggap cepat dalam arti instan tanpa proses.

Bisnis UKM yang Menjanjikan Cepat Sukses

Perlu saya tekankan bahwa bisnis UKM bukan bisnis instan. Ini memerlukan waktu yang panjang untuk bisa menciptakan sebuah bisnis UKM. Mulai dari persiapan, perencanaan, pendanaan, eksekusi dan evaluasi.

Setiap pengusaha pasti mengiyakan bahwa sukses itu membutuhkan proses. Dimulai dari persiapan bisnis yang membutuhkan ide yang segar serta menganalisa hal-hal yang dibutuhkan. Kemudian perencaanaan yang matang tentang teknis bisnis yang akan dijalani. Lalu mencari sumber pendanaan yang cukup untuk bisnis anda. Selanjutnya eksekusi perencanaan bisnis dan di akhiri oleh evaluasi kinerja usaha. Semua tahapan tersebut perlu dilaksanakan secara profesional, efektif dan efisien.

Bergerak cepat bukan berarti tergesa-gesa, karena tergesa-gesa malah mempercepat kegagalan. Sebuah istilah mengatakan "lebih cepat lebih baik". Ini berlaku dalam bisnis. Hanya jangan ditafsirkan dengan makna tergesa-gesa tanpa perencanaan yang matang. Kembali lagi bahwa profesinalisme dibutuhkan guna membangun bisnis yang berkembang lebih cepat.

Sebuah pemikiran yang saya ambil dari banyak cerita atau kisah sukses. Sukses akan lebih cepat datang jika dibangun dengan networking. Karena pengalaman adalah guru terbaik. Jadi jika anda ingin cepat sukses, maka anda juga harus cepat-cepat dalam membangun networking bisnis anda dengan orang-orang yang memiliki satu bidang usaha yang sama. Apalagi saat anda bergabung dengan komunitas bisnis yang sama dengan bisnis anda, menurut saya itu adalah langkah yang sangat tepat sekali.

No comments:

Post a Comment