Monday, June 29, 2015

Bisnis UKM dengan Modal Minim

Kebanyakan orang berfikir bahwa untuk memulai sebuah bisnis UKM membutuhkan modal yang besar. Padahal menurut saya benar juga dibutuhkan modal yang besar. Perlu diingat bahwa modal itu tidak selalu berbentuk uang. Kali ini saya ingin mengajak anda untuk membuka pikiran tentang modal yg dibutuhkan supaya sukses dalam ber-UKM.

modal bisnis ukm minim

Tahukan anda bahwa modal UKM itu dimulai dari niat. Maksudnya niat anda dalam mendirikan usaha untuk apa. Hal ini penting karena niat awal merintis sebuah usaha itu akan menentukan jangka panjang dari usaha anda itu sendiri. Pasti anda tidak ingin kan usaha anda hanya berjalan seumur jagung. Nah, kebanyakan yang sukses dibidang UKM adalah mereka yang berniat tulus ingin membantu orang lain/konsumen dan membuka lowongan pekerjaan bagi yang membutuhkannya.

Sebenarnya bisnis UKM ini bisa menggunakan modal orang lain jika kita tidak memiliki modal materi sendiri. Seperti yang saya katakan sebelumnya, modal tidak selalu uang. Misalnya, anda ingin jualan tanamah hias, anda bisa ikut menjualkan tanaman hias milik orang lain. Apalagi saat ini sedang trend reseller atau dropsipper. Anda bahkan bisa jualan tanpa stok barang. Ini jelas merupakan sebuah peluang besar untuk memulai usaha hampir tanpa modal.

Modal saja tidak cukup, hal utama lainnya adalah pengetahuan usaha yang anda miliki. Sebuah usaha yang hanya mengandalkan modal saja, itu seperti sebuah mobil tanpa arah. Pengetahuan di bidang usaha itu layaknya seperti peta atau gps yang akan mengantar anda menuju kesuksesan. Tidak sedikit orang yang gagal usahanya hanya karena mereka kebingungan saat menjalaninya, lalu modal mereka habis diperjalanan. Maka disini anda membutuhkan sebuah networking yang sesuai dengan usaha anda. Setidaknya anda kenal dengan orang yang bisa menyuplai kebutuhan usaha anda dan anda juga kenal dengan orang yang bisa bermitra dengan anda.

Jika ditarik sebuah kesimpulan, maka modal yang terpenting adalah kembali kepada diri sendiri. Yaitu tekad yang kuat untuk sukses adalah salah satu modal penting bagi anda yang ingin memulai usaha. Karena saat anda memiliki tekad yang kuat, keberanian akan muncul untuk membangun networking dan bermitra dengan orang lain.

No comments:

Post a Comment